Selasa, 25 Oktober 2011

Open URL

OpenURL merupakan perintah atau mekanisme untuk mengubah sebuah data bibliografi, sitasi atau rujukan ke sebuah sumber informasi (biasanya berupa sumber bibliografis) menjadi URL (Uniform Resource Locator, alias alamat dari sebuah berkas di Internet). Pencipta awal teknik ini adalah Herbert Van de Sompel dari Library Automation Team di University of Ghent, dan Oren Beit-Arie dari Ex Libris. Pengembangan selanjutnya dilakukan oleh NISO (National Information Standards Organization) untuk menjadi bagian dari International ANSI (American National Standards Institute) Z39.88. Secara garis besarnya, OpenURL memindahkan metadata tentang suatu berkas tertentu (misalnya sebuah artikel jurnal elektronik) ke apa yang disebut dengan link resolver. Lalu, link resolver ini melakukan parsing (menganalisa) dan membuat kaitan (link) ke berkas yang bersangkutan.

Untuk dapat melakukan ini, OpenURL terdiri dari dua bagian. Pertama, bagian yang bernama BASE URL yang berisi identifikasi untuk dikenali oleh link resolver. Kedua, bagian yang berisi QUERY, mengandung satu atau lebih DESCRIPTION. Setiap DESCRIPTION berisi metadata yang sebenarnya merupakan rujukan ke artikel atau sumber informasi yang dituju. Contoh dari sebuah OpenURL:

Dalam contoh di atas, maka yang dimaksud BASEURL adalah:

Perhatikanlah bahwa ini adalah URL atau alamat dari UKOLN OpenResolver dan alamat inilah yang akan menjadi resolver. Biasanya alamat ini ditetapkan oleh institusi tempat seorang pengguna berada. Sisa informasi yang terkandung dalam contoh di atas adalah QUERY, yang terdiri dari satu DESCRIPTION panjang tentang sebuah artikel berjudul 'Information gateways: collaboration on content' karangan Rachel Heery, diterbitkan di jurnal 'Online Information Review' volume 24. Dengan contoh ini dapat dikatakan pula, OpenURL dan link resolver¬-nya itu adalah sebuah program yang dapat membaca metadata untuk kepentingan pencari informasi, dan kemudian dapat menggunakan metadata itu untuk memeriksa dan mengambil informasi dari berbagai sumber.

Dalam praktiknya di lapangan, proses kerja OpenURL ini dapat digambarkan secara sederhana sebagai berikut:
• Seorang pengunjung perpustakaan membuka sebuah pangkalan data untuk mencari dan menemukan sebuah sitasi (rujukan) ke sebuah artikel tentang perpustakaan digital. Dia tidak menemukan artikelnya di pangkalan data tersebut.
• Pengguna lalu mengklik tombol CARI untuk memerintahkan komputer melakukan pencarian.
• Pencarian dilakukan dengan mengirim informasi OpenURL ke link resolver. Dengan kata lain, mengirim DESCRIPTION ke BASE URL.
• Link resolver lalu menerjemahkan perintah itu dan menelusur pangkalan data perpustakaan untuk melihat koleksi apa saja yang dimiliki atau dilanggan oleh perpustakaan tersebut.
• Link resolver menemukan sebuah sumber lalu menampilkannya di layar.
• Pengguna mengklik menu dan mengambil berkas PDF berisi artikel yang diperlukannya (dalam contoh di atas adalah artikel Information gateways: collaboration on content karangan Rachel Heery)

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/OpenURL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar